Skip to content

kebocoran atap rumah

May 28, 2013

 

atap bocorAtap hunian Anda bocor? Huh, pasti membuat hati kesal bukan? Atap bocor sebaiknya jangan dibiarkan berlama-lama karena bisa-bisa nanti malah bikin bagian rumah yang rusak semakin banyak. Wah, bahaya dong?

Iya, kebocoran atap sering menimbulkan berbagai masalah seperti munculnya flek-flek baik pada plafond maupun tembok, oleh karena itu harus segera diatasi. Bocor yang terjadi pada atap biasanya disebabkan karena ada celah yang membuat air dapat merembes masuk dan mengalir ke bawah. Ada tiga bagian atap rumah yang mudah mengalami kebocoran yaitu bagian nok atas pegangan genteng, genteng yang pecah, dan bagian talang.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai kebocoran pada bagian talang. Selamat membaca!!!

Talang adalah bagian atap yang rawan bocor karena letaknya berada diujung jalan air. Talang bisa saja mengalami kebocoran baik itu pada talang jenis beton maupun karpet. Kebocoran biasanya terjadi pada titik sambungan antara bangunan atau bagian-bagian yang sering terjadi pergerakan. Untuk mengatasi kebocoran di talang, Anda bisa menggunakan waterproofing.

Sebelum mengaplikasikan waterproofing, sebaiknya perhatikan tingkat keretakannya. Jika besar, Anda memerlukan batuband sebagai bahan tambalan. Sedangkan jika retaknya kecil, Anda cukup menggunakan poliyester mesh yang bentuknya seperti kain kassa. Selain itu, bila akan menggunakan waterproofing pastikan permukaan talang bersih dari kotoran dan gunakan bahan pengikat semen yang dapat juga mengikat debu sekaligus menjadi lapisan awal waterproofing.

Cara mengerjakannya yaitu:

Bidang disekeliling pipa dibersihkan terlebih dahulu menggunakan sikat, kape digunakan bila ada kotoran yang menggumpal dan sulit disikat. Kemudian siapkan cairan campuran pengikat semen, super cement, dan semen-pasir. Setelah adukan semen dibuat masukkan cairan super cement dan aduk hingga rata selanjutnya lapisi seluruh permukaan dengan adukan tersebut.

Setelah kering, lapisiwaterproofing menggunakan kuas tetapi sebelumnya penutup seluruh bibir pembuangan harus dilapisi dengan polyester mesh. Terakhir, jika waterproofing sudah mengering sebaiknya ulangi lagi dengan arah kuas yang menyilang.

From → arsitektur

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: