Skip to content

Pengertian Trackback dan Pingback

May 10, 2013

 

 

Sebagai pengguna WordPress, pastinya kita sering mendengar atau membaca istilah trackback dan pingback. Namun, banyak dari kita yang belum mengerti apa itu trackback dan juga pingback. Seperti apa sich trackback dan juga pingback itu?

Daripada kita terus bertanya-tanya, atau bahkan kita salah menggunakan fitur dari WordPress ini, lebih baik kita sama-sama belajar tentang trackback dan juga pingback. Berikut ini penjelasan tentang Trackback dan Pingback yang saya pelajari dan ketahui.


Trackback

Menurut dari penjelasan yang saya dapat di http://codex.wordpress.org/Glossary#Trackback, trackback adalah pemberitahuan kepada penulis lain yang artikelnya kita kirimi trackback. Untuk mengirimkan trackback, kita bisa menggunakan kolom Send Trackbacks yang ada pada bawah kolom isi artikel pada penulisan artikel. Jika tidak nampak, anda bisa menampilkannya melalui menu Screen Option pada sudut kanan atas pada Add New Post, kemudian anda centang Send Trackbacks.

 

Screen Option pada WordPress

Pada kolom Send Trackbacks, isi dengan link artikel blog lain yang akan kita kirimi trackback. Untuk mengisi beberapa link blog, pisahkan dengan spasi. Sebagai contoh:

http://estiko.info/install-wordpress-pada-localhost-ubuntu/ http://estiko.info/linux-mint-11-katya-rc/

Dengan demikian, link artikel-artikel yang kita isi kedalam kolom send trackback, akan mendapatkan potongan artikel blog kita yang baru, yang menjadi komentar secara otomatis. Jika sang pemilik memperbolehkan trackback pada artikelnya, serta menyetujui trackback dari artikel blog kita, maka tidak hanya pemilik blog yang akan mengunjungi blog kita, namun juga pengunjung lain dari blog tersebut yang tertarik dengan trackback tersebut. Keuntungan yang akan kita dapat adalah pengunjung dan juga backlink.

Pingback

Sama seperti trackback, namun kita tidak memasukkan link artikel didalam kolom send trackback. Melainkan kita menaruh link artikel blog kita atau blog lain didalam artikel baru yang kita terbitkan. Potongan artikel yang mengandung link ke artikel lain tersebutlah yang akan menjadi komentar. Sebagai contoh:

link artikel http://estiko.info/linux-mint-11-katya-rc/ saya pasang pada kalimat “Sekali-sekali posting tentang yang lain, daripada pusing mainan Linux“

Hasilnya, beberapa potong kalimat yang ada pada blog kita, serta terdapat link ke artikel yang kita masukkan tadi, akan menjadi pingback ke artikel yang dituju. Sama dengan trackback, kita juga bisa mendapatkan keuntungan berupa backlink dan pengunjung dari blog yang kita kirimi pingback. Itu juga jika sanga pemilik berbaik hati mau menyetujui kiriman pingback dari blog kita.

 

Seperti apa sih pingback dan trackback itu?

Berikut ini saya jelaskan menggunakan gambar:

Pengertian trackback dan Pingback

Tidak semua trackback atau pingback yang kita kirimkan menjadi komentar. Ada kalanya walaupun kita sudah mengirimkan trackback atau pingback, tidak masuk kedalam artikel blog yang kita tuju. Semoga catatan ini bisa bermanfaat bagi anda.

sumber:http://estiko.malhikdua.com

From → internet

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: